Menu makanan bayi umur 1 tahun cukup variatif, umumnya anak sudah tumbuh gigi sekitar 8 buah atau lebih sehingga mereka sudah bisa diajarkan memakan makanan keluarga. Membiasakan anak makan menu keluarga sangat penting sebagai langkah edukatif. Menurut dokter anak di RSI Ibnu Sina Padang, “susah makan, itu karena si kecil telah pandai memilih tapi belum memiliki pemahaman tentang kesehatann dan gizi”. Wajar saja toh anak satu tahun mana mungkin paham tentang makanan bergizi, yang mereka tau cuman “rasa enak”. Enak diminta, kalau tidak enak nangis dan lari-lari.

Sebagai orang tua kita perlu berhati-hati dalam membentuk persepsi anak terhadap makanan. Jika kita pernah memberi mereka snack/ ice cream yang mengandung penyedap maka biasanya rasa enak jajanan tersebut melekat di ingatan mereka. Ingatan demikian menjadikan anak memilih-milih bahkan dapat menyebabkan anak susah makan. Untuk itu jangan kenalkan anak terhadap snack/ permen/ ice cream / jajanan mengandung penyedap buatan jenis apapun, agar persepsi mereka terhadap rasa enak focus pada menu makanan anak yang kita olah sendiri di dapur. Penjelasan lainnya baca di sini.

Menu makanan sehat anak 1 tahun

  • Karena anak sudah bergigi maka makanan sehat diutamakan adalah menu makanan keluarga (nasi + lauk pauk + sayuran + buah). Karena ada anak bayi turut makan bersama keluarga maka sebaiknya Ibu menanak nasi agak lebih lunak dari biasanya.
  • Anak 1 tahun masih minum ASI, bahkan dokter anak mengatakan “ASI masih menjadi menu makanan utama bayi hingga 2 tahun, adapun susu formula, sayuran, buah-buahan dan lainnya hanya sebagai MP ASI”
  • Jika anak susah makan sebaiknya hindari memberi snack, permen jajanan lainnya. Setiap anak umumnya memiliki menu favorit (ikan jenis apa, daging atau telur diapain). Selalu sediakan bahan makanan tersebut di kulkas, jadi ketika mereka malas makan tawarkan menu favorit tersebut.
  • Menu makanan terbaik untuk anak 1 tahun menurut posyandu adalah; nasi keluarga + sayuran + sumber protein (ikan, telur, daging ayam, dll). Buah-buahann sebagai selingan sekaligus pengganti snack/ jajanan.

sayuran makanan sehat anak 1 tahun

Adapun tentang roti, kue, biskuit bayi hasil pabrikan umumnya mengandung perisa, pewarna dan mungkin penyedap buatan yang dapat menyebabkan anak satu tahun memilih-milih makanan karena sudah kenal enaknya rasa penyedap pada kue, roti, biskuit, dan lain-lain. Mungkin anda akan berdalih, “bayi-bayi di luar negeri makan roti, biskuit, kue dll kok, dan buktinya bayi mereka sehat-sehat”, di luar negeri roti dikategorikan makanan pokok, jadi panganan tersebut sudah biasa mereka buat sendiri (homemade and handmade).

Intinya; variasi menu makanan sehat untuk anak satu tahun sangat banyak, asal kita membiasakan bayi tidak mengkonsumsi panganan jajanan. Jika sudah terlanjur, anak lebih suka jajanan? Hentikan/ jangan diberi lagi, biarkan saja mereka menangis untuk membentuk kebiasaan baru demi kesehatan mereka.

Resep Makanan Anak 1 Tahun Keatas

Beberapa hal perlu diperhatikan untuk membuat resep makanan anak 1 tahun, diantaranya; pertumbuhan gigi dan produksi ASI. Jika pada umur setahun gigi sudah lebih dari 8 buah maka sebaiknya beri si kecil makanan keluarga saja, bila produksi ASI masih baik maka resep dan menu makanan tidak begitu penting. Kenapa tidak penting? Karena makanan utama anak bayi usia 1 tahun adalah ASI, adapun bubur, nasi keluarga, biskuit bayi, buah dan sayura hanyalah sebagai makanan pendamping ASI.

Kapan resep makanan anak 1 tahun diperlukan?

Variasi resep menu makanan diperlukan ketika produksi ASI telah menurun drastic, ketika anak bayi susah diberi makan, ketika anak setahu keatas belum tumbuh gigi. Masak sih anak umur 12 bulan keatas belum tumbuh gigi? Hem… kata dokter anak itu normal dan biasa ditemukan kok bu, jadi jangan terlalu dicemaskan bila anak kita belum tumbuh gigi.

Apa konsep resep makanan anak 1 tahun.

Konsep memberi makan pada anak setahun keatas adalah pemenuhan gizi seimbang, bila produksi ASI telah berkurang maka untuk memenuhi kebutuhan gizi si bayi perlu adanya makanan tambahan. Dalam menu makanan bayi harus ada sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Sebagai penyempurna atau jaga-jaga kekurangan gizi maka sebaiknya beri tambahan susu formula. Bila ASI masih lancar maka susu formula tidak diperlukan.

Contoh resep sederhana makanan anak 1 tahun keatas

Bila telah tumbuh gigi, maka cukup beri makanan keluarga saja dengan porsi satu gempalan tangan orang dewasa. Beberapa contoh resep menu favorit anak saya:
sayur makanan anak 1 tahun

  • Sumber karbohidrat: Nasi keluarga ditanak agak lunak
  • Sumber protein: ikan tuna, tongkol, udang,dan kepiting goreng, telur orak arik, dadar, ayam goreng, dan sup tahu
  • Vitamin, serat dan mineral: sayur bayam, labu jipang rebus, brokoli dan kol bunga. Sebelum makan beri buah-buahan. Serat pada sayur dan buah-buahan sangat membantu pencernaan.


Buah menjadi sangat penting ketika anak tidak suka sayu, kandungan buah-buahan secara umum dapat menggantika sayuran. Beberapa contoh buah cocok untuk anak bisa dilihat di sini. Selalu sediakan stok makanan favorit anak di rumah, jadi ketika selera makannya menurun atau malas makan kita tetap bisa membujuknya dengan menu favorit tersebut.

Kebutuhan gizi anak meningkat seiring waktu, hendaknya begitu jugalah dengan porsi makan. Ketika anak sudah mulai malas makan, sebaiknya hentikan memberi snack, kue, ice crean dan jajanan apapun. Biarkan suara tangisnya hingga rasa lapar memaksanya menerima menu makanan sehat yang kita masak sendiri. semoga tulisan singkat tentang resep makanan anak 1 tahun keatas ini dapat memberi manfaat buat kita semua.

Labels:

ditulis pada oleh

Beri komentar Catatan BaNak: Menu makanan anak 1 tahun yang susah makan


komentar Catatan BaNak: Menu makanan anak 1 tahun yang susah makan