Waduh ini pertanyaan agak gimana gituh… harusnya kita bersyukur bu, karena anak sudah pandai berkomunikasi walau ucapannya belum jelas. Coba perhatikan anak 2 tahun di lingkungan kita pasti semuanya begitu, bahkan ada yang belum mampu mengucapkan 2 – 3 patah kata. Permasalahan jelas atau tidaknya ucapan bayi 2 tahun tidak perlu terlalu dikhawatirkan, yang paling penting anak sudah mampu mengucapkan kalimat 3 kata atau lebih. Contonya; “Ibu cedang apa?” (maksudnya ibu sedang apa).

Kebanyakan anak usia 2 tahun masih cadel dalam berbicara, bukan saja pada pengucapan hurf ‘R’ tapi bisa juga pada hurf lain sepert ‘L, S, dll’. Seiring waktu cadel itu juga akan hilang karena semakin banyak mendapat pengalaman serta latihan. Ada banyak latiha dapat dilakukan ketika anak umur 2 tahun belum bisa bicara jelas, salah satu yang paling praktis adalah mengajak anak menyayikan lagu, cobalah perdengarkan beberapa lagu anak dan ajak dia mengikuti nyanyian tersebut.

Melatih anak agar bicara jelas harus penuh kesabaran, janga sesekali memarahi anak ketika dia salah dalam berucap, tapi betulkan ucapan tersebut secara berulang. Misalnya; anak berkata. “itu ada noboi (sambil menunjuk mobil)” maka kita harus meluruskan, misalnya “oh iya ada mobil” atau “mobilnya bagus ya”. Semakin sering dia mendengar pengucapan yang benar maka semakin baik daya ingatnya terhadap nama benda, otomatis dia juga akan berusaha berbicara dengan pegucapan yang benar.

Ketika anak berbicara tidak jelas, maka kita sebaiknya jangan pula ikut-ikutan menirukan caranya berbicara. Kebanyakan kita orang tua malah ikut-ikutan cadel ketika berkomunikasi dengan anak.. iya kan? Sekali lagi jangan seperti itu, usahakan selalu ingat untuk mengucapkan kata dengan jelas dan benar ketika berbicara dengan anak.

Kurangi mengganti nama benda menjadi “ini” atau “itu” saat menyuruh anak, misalnya kita ingin menyuruh dia mengambil mainannya yang ada di lantai, maka jangan menyuruh dengan perkataan “ambilkan itu”, tapi sebutkanlah nama bendanya, jadi; “tolong ambilkan mobilannya nak”. Dalam melatih kemampuan berbicara anak kita senantiasa harus memperdengarkan banyak kosa kata, agar daya ingat dan nalarnya semakin baik.
dampingin anak saat bermain

Jadi anak 2 tahun tidak bisa bicara jelas bukanlah masalah serius, berbeda halnya bila si kecil belum mampu mengucapkan kalimat, jika itu yang terjadi silahkan baca artikel sebelumnya tentang cara melatih anak agar cepat berbicara. Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis, semoga bermanfaat untuk kita semua…

Labels:

ditulis pada oleh

Beri komentar Catatan BaNak: Umur 2 tahun anak belum bisa bicara jelas?


komentar Catatan BaNak: Umur 2 tahun anak belum bisa bicara jelas?