Melatih anak untuk bisa buang air kecil dan besar sendiri sangat penting dilakukan sejak dini. Latihan toilet training lebih sulit daripada mengajar anak berjalan, dibutuhkan kesabaran lebih dari kita orang tuanya. Aroma pesing dalam rumah adalah tanda dirumah tersebut ada bayi, jadi jangan pernah kesal karenanya.

Melatih anak sama artinya dengan membiasakan, untuk membangun kebiasaan dibutuhkan perlakuan berulang. Pada hari pertama tanpa pampers, anak pasti akan pipis dan pup di celana. Kita harus sabar, dan tetap memberikan latihan berulang hingga anak benar-benar mandiri. Waktu yang dibutuhkan bisa jadi berminggu-minggu.

Di toko perlengkapan bayi ada dijual peralatan toilet training, saya tidak begitu menyarankan peralatan tersebut. Menurut saya peralatan itu kurang begitu membantu, lebih baik langsung latihan di toilet sebenarnya.
contoh toilet training
Umur berapa anak harus diajarkan buang air sendiri? latihan toilet training dilakukan sedini mungkin, seorang baby sitter berpengalaman di kota kami melatih anak lepas pampers sejak umur 9 bulan. Caranya sangat sederhana; diawali dengan membiasakan anak buang air kecil setiap bangun tidur. Kenapa bukan sebelum tidur? Pola tidur anak tidak seperti kita orang dewasa, anak bisa tertidur kapan saja, kita tidak akan tahu pasti kapan anak akan beranjak untuk tidur oleh karena itu latihan buang air kecilnya dilakukan setiap kali bangun tidur.

Hasil latihan dari baby sitter tersebut cukup menakjubkan, umumnya anak rawatnya lepas pampers sejak umur setahun. Latihan buang air sendiri seperti itu ternyata juga mempercepat anak mampu bicara, secara otomatis si kecil dilatih menyampaikan setiap keinginannya, misalnya “mau pipis” .

Latihan toilet training harus dilakukan secara berkesinambungan, tidak boleh berselang seling. Kalau hari ini mulai dilatih untuk tidak memakai pampers lagi maka besok juga harus begitu hingga anak benar-benar mampu melapor setiap kali dia ingin buang air. Kalau dilakukan secara tidak teratur, misalnya hari ini tanpa pampers, besok pakai dan lusa lepas lagi, maka hasilnya tidak akan maksimal dan lama.

Anak saya sudah umur 2 tahun dan belum mampu mandiri dalam hal buang air, bagaimana cara terbaik untuk melatihnya? Berdasarkan pengalaman, anak 2 tahun sudah pandai berbicara (komunikasi) menyampaikan keinginannya secara baik. Oleh karena itu caranya melatihnya cukup dengan membebaskannya dari pampers (minimal di siang hari). Lepas saja pampersnya, dan secara berulang sampaikan pesan “kalau mau pipis bilang ya nak”, “kalau mau ook bilang ya nak” atau bisa juga “pipis buka celana ya” selengkapnya bisa dibaca di sini.

Itulah sedikit pengalaman dalam melatih anak untuk bisa melapor ketika hendak buang air, semoga bermanfaat… lebih kurang mari diskusikan di form komentar blog ini.

Labels:

ditulis pada oleh

Beri komentar Catatan BaNak: Melatih anak toilet training


komentar Catatan BaNak: Melatih anak toilet training