Banyak sekali anak umur 2 tahun masih mengenakan pampers sepanjang hari. pemakaian pampers terlalu lama tidaklah baik secara kesehatan, dan tentunya pemborosan dalam pengeluaran rumah tangga. Melati anak buang air sendiri harus dilakuka sejak dini, agar anak cepat mandiri. Metode pengajaran kemandirian pada anak, secara tidak langsung juga melatih kemampuan berbicara.

Cara melatih anak buang air sendiri


  1. Setiap anak bangun tidur, buka celananya dan ajak buang air kecil di kamar mandi. Lakukan secara rutin sejak bayi berusia 9 bulan. Bukan masalah jikalau anak tidak berhasil buag air, intiya adalah membangun kebiasaan. Secara perlahan kebiasaan akan terbentuk dan menjadi karakter si kecil. ingat kemampuan bayi didapat dari kebiasaan bukan pemahaman.
  2. Jika anak sudah berumur 2 tahu tapi masih tetap bergantung pada pambers, maka sebaiknya di siang hari buka saja pampers tersebut dan pesankan secara berulang “kalau mau pipis bilang ya nak”. Dalam beberapa hari dia akan melapor setelah buang air di celana, tapi setelah 2 minggu dia akan lapor dulu sebelum pipis.
  3. Jangan marahi anak ketika mereka buang air di celana, ingat mereka itu balita bukan sarjana. Kemampuan kontrol balita terhadap tubuhnya belum sesempurna kita orang dewasa. Cukup nasehati secara berulang, agar melekat dalam ingatannya.
  4. Beri ucapan penghargaan ketika anak berhasil lapor sebelum pipis, contohnya; “anak pintar” atau “wah… anak ibu pintar deh.. udah bisa pipis sendiri”
  5. Sabar, ini kunci dalam melatih anak buang air sendiri. Kalau kesabaran tidak ada, maka lebih baik sewa baby sitter deh. Biar si kecil jadi anaknya baby sitter… heheh..


Berdasarkan pengalaman, penulis menerapkan cara mulai nomor 2 diatas. Hasilnya sangat memuaskan, dalam 2 minggu anak sudah mampu buang air sendiri. Tentu patut disyukuri, uang keluar buat beli pampers sudah berkurang. Cara melatih anak buag air sendiri no. 1 diatas pernah saya lihat diterapkan oleh baby sitter teman, hasilnya memang sangat bagus, pada usia 1 tahun anaknya sudah tidak pakai pampers lagi di siang hari, dan kemampuan berbicaranya juga sangat cepat.

anak buang air sendiri

Itulah sedikit pengalaman melatih anak agar mandiri dalam urusan buang air kecil dan besar. Semoga bermanfaat, lebih kurang kita diskusikan di komentar halaman ini.

Labels:

ditulis pada oleh

Beri komentar Catatan BaNak: Melatih Anak Buang Air Sendiri


komentar Catatan BaNak: Melatih Anak Buang Air Sendiri