Umumnya bayi 9 bulan telah mampu berdiri sendiri, dan berusaha berjalan dengan berpegangan pada tembok, sisi tempat tidur dan benda lainnya. Banyak anak sudah pandai berjalan ketika usianya baru 12 bulan, namun ada juga yang belum mampu. Lambatnya perkembangan anak dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kurang dilatih, bayi terlalu gemuk dan lain sebagainya. Sebagai orang tua tentu kita memiliki tingkat kekhawatiran ketika perkembangan anak terlihat lebih lambat dari bayi lain seusianya.

Cara melatih anak cepat berjalan

Ada berbagai metoda yang dapat dilakukan, baik dengan ataupun tanpa alat bantu. Adapaun alat bantu yang biasa digunakan untuk menstimulasi kemampuan anak berjalan adalah:
  • Baby walker: banyak jenis dijual di pasaran offline maupun online, sebagai saran; pilihlah yang ukurannya kecil (ramping), agar anak dapat bergerak leluasa. Bayi usia 8 bulan telah bisa diberi baby walker.
  • Gendongan jinjing, terbuat dari kain cara menggunakannya cukup mudah, cukup masukkan bayi kedalam gendongan dan jinjing untuk menuntun bayi berjalan secara perlahan. Harga alat bantu jalan bayi berupa gendongan lebih murah daripada baby walker.
  • Box bayi, sebenarnya keguaan box bayi bukan hanya sebagai tempat tidur dan kurungan saja, tapi juga sangat membantu dalam melatih anak agar cepat berjalan. Biasanya si kecil akan jalan berkeliling sambil memegangi sisi box.
Melatih anak supaya cepat berjalan juga bisa dilakukan tanpa alat bantuan. Saat usia bayi telah mencapai 7 bulan, secara rutin papah dia di pagi hari (waktu berjemur bayi). Kebanyakan anak enggan melangkahkan kakinya saat dipapah, untuk itu ada sedikit saran dari para orang tua zaman dulu; “papah anak diatas rumput halaman yang masih berembun” biasanya meraka secara sepontan akan berusaha mengangkat kaki karena embun terasa dingin.
melatih anak berjalan

Itulah sedikit pengalaman penulis cara melatih anak berjalan sejak dini. Dalam hal ini dibutuhkan rutinitas dan kemauan kita sebagai orang tua. Berdasar pengalaman cara paling mudah adalah dengan bantuan alat, terutama baby walker. Seingat saya, sebulan setelah anak menggunakan kereta bayinya akan langsung terlihat hasilnya, di bulan kedua dia sudah mampu mengangkat sendiri baby walker tersebut sambil berjalan sedikit untuk menghindari halangan.

Baca juga: cara melatih anak berbicara

Labels:

ditulis pada oleh

Beri komentar Catatan BaNak: Cara Melatih Anak Agar Cepat Berjalan


komentar Catatan BaNak: Cara Melatih Anak Agar Cepat Berjalan