Banyak faktor penyebab anak lambat bicara, salah satu adalah kurangnya interaksi antara bayi dan orang tua. Di siang hari orang tua sibuk bekerja, dikala malam sibuk dengan gadgetnya masing-masing, sehingga si kecil cenderung kurang mendengarkan komunikasi antara kedua orang tuanya. Komunikasi antara suami istri di depan bayi sangat penting untuk meningkakan kemampuan berbicara anak. Apa yang mereka dengar itu yang mereka ingat.

Anak pertama cenderung lambat bicara, hal ini karena dia belum memiliki teman bermain. Interaksi bayi dikala bermain akan membantu daya ingatnya tentang nama-nama benda, cara meminta sesuatu dan lain-lain. Berbeda dengan anak kedua dan seterusnya, mereka telah memiliki kakak sebagai teman bermain.

Cara Melatih Anak Berbicara

  • Selalu sempatkan waktu mengajak anak bermain, saat bermain tersebut biasakan untun berbincang dengannya, sebutkan nama-nama mainan di depannya.
  • Rajin berkomunikasi antar pasangan suami istri di depan anak, agar mereka terbiasa mendengar beragam kosa kata.
  • Ketiak si kecil menunjuk sesuatu, sebutkan nama benda yang ditunjuknya dan beri penjelasan pendek. Misalnya dia menunjuk buah semangka, kita bisa mengatakan “semangka, rasanya enak”.
  • Beri penghargaan setiap kali anak berhasil mengucapkan nama benda, orang, anggota keluarga atau kegiatan. Reward berupa ungkapan “duh anak ibu pintar” atau sejenisnya.


Secara umum anak 1 tahun sudah bisa mengucapkan kata panggilan untuk orang tuanya dalam satu kata (ayah/ mama). Pada umur 2 tahun seharusnya sudah mampu megucapkan beberapa patah kata (2 – 3 kata) contoh; “mau mamam”, “minum susu”, dll. Seiring waktu dia akan mampu berbicara dalam untaian kalimat lengkap. Namun demikian banyak juga anak umur 2 tahun belum mampu, kata dokter anak; “itu karena orang tua jarang mengajak dia berbicara”.

Anak lambat berbicara sepenuhnya kesalahan orang tua, hampir semua orang tua baru sekarang lebih sibuk dengan gadget mereka daripada kegiatan bermain bersama anak, Selain itu kondisi lingkungan tinggal di perkotaan yang cenderung individualis juga mempengaruhi, kebanyakan anak balita dikurung di rumah (protektif) hingga umur mereka 3 tahun (usia masuk paud). Berbeda dengan anak-anak di pedesaan, umur 2 tahun mereka sudah memiliki teman sebaya di lingkungannya.
cara melatih anak cepat berbicara

Itulah sedikit tips tentang cara melatih anak berbicara, ditulis berdasar pengalaman dan hasil konsultasi dengan dokter anak. Intinya, cobalah tingkatkan interaksi dan komunikasi dalam keluarga karena itu jalan terbaik. Semoga bermanfaat… baca juga cara melatih anak lepas dari pampers.

Labels: ,

ditulis pada oleh

Beri komentar Catatan BaNak: Anak 2 tahun belum bisa bicara?


komentar Catatan BaNak: Anak 2 tahun belum bisa bicara?