Mengapa harus ada jadwal makan anak? karena jadwal akan membentuk kebiasaan sejak bayi. sesuatu bila telah terbiasa akan mudah dilaksanakan. Sesekali ikutlah rumpian ibu-ibu beranak kecil, singgung tentang sulitnya memberi makan anak. Pasti bakal sahut menyahut tuh para ibu dengan laporan yang sama, “betapa susahnya ngasih makan anak”.

Malas makan, itu bukan kesalahan anak tapi sepenuhnya kesalahan orang tua dalam membentuk kebiasaan si kecil. Kadang kita lupa memberi makan anak karena kesibukan atu keasikan dengan gadget akhrinya pola makan anak menjadi tidak teratur. Malas makan – lebih suka cemilan jajanan, itu juga bukan kesalahan anak, itu kesalahan kita orang tua; “mengenalkan mereka pada aneka macam jajanan (snack, ice cream, permen, dll), di saat mereka belum paham arti kesehatan”. Anak bayi taunya cuman “enak” dan “gak enak” bu… jadi, jangan salahkan mereka lebih memilih jajanan daripada resep menu makanan bayi yang kita buat, soalnya jajanan memang lebih enak dari masakan dapur toh…

Keteraturan jadwal makan seyogyanya dapat megurangi sifat malas makan pada anak. Patuhlah pada jadwal dalam kondisi apapun, semisal; disaat kita akan bepergian maka salah satu bekal wajib adalah makanan bayi siap santap, tidak ada alasan keluar dari jadwal.

Jadwal makan anak bayi 12 bulan

Bayi telah memiliki cukup gigi untuk memotong-motong makanan, menu makanan keluarga telah cocok buat mereka. Berikut jadwal makan anak 1 tahun:

  • Makan pagi, setelah mandi pagi. Waktu (jam) yang tepat adalah pukul 7 – 8 pagi hari. Mengapa harus sebelum jam 8 pagi? Bayi umur setahun masih perlu berjemur di pagi hari, waktu yang tepat untuk berjemur adalah pukul 8 dan sebelum jam 9 pagi.
  • Jadwal makan siang; pukul 12 siang, bertepatan dengan jam istirahat orang tuanya.
  • Beri makan malam sekitr jam ½ 7 atau sesudah Magrib (jam makan malam keluarga).

Disamping jadwal makan tersebut juga ada jadwal minum susu formula (dianjurkan bila produksi ASI telah menurun drastis/ tidak mencukupi kebutuhan anak) dan jadwal makan buah. cara-nya; Minum susu formula sekitar jam 10 pagi, 4 sore dan malam hari sebelum tidur. Sebenarnya pemberian susu formula cukup 2 kali sehari. Bila produksi ASI masih mencukupi maka bisa diganti dengan buah-buahan atau jus buah.

Menu makan anak satu tahun samakan saja dengan menu makan keluarga, untuk itu kitalah yang harus menyesuaikan rasa agar masakan di dapur juga cocok untuk lidah dan perut si kecil. Jika biasanya lauk pauk pedas level 10 maka turunkan levelnya menjadi pedas level 3, hehehe… ini cukup penting loh buk, memberi edukasi pada bayi sejak dini tentang tata karma makan bersama di keluarga. Contoh menu makan sederhana untuk anak 1 tahun keatas bisa dilihat di sini.

Tentang porsi makan anak 1 tahun keatas.

Kami pernah konsultasikan ini dengan dokter anak, jawabnya; "porsi makan anak 1 – 2 tahun cukup nasi segenggaman orang tuanya ditambah lauk pauk. Porsi makan anak 2 – 3 tahun cukup nasi dua genggaman orang tuanya + lauk dan sayuran." Ingat cukup itu lebih baik dari kurang juga daripada berlebihan. Perlu diketahui bahwa anak gemuk bukan berarti sehat, obesitas dapat memperlambat perkembangan anak.
porsi makan harus seimbang dengan sayur

Porsi makan pada anak akan bertambah seiring pertambahan umur. Semakin besar anak semakin banyak aktivitas bermainnya sehingga harus didukung dengan asupan gizi seimbang. Kecukupan gizi dalam menu makanan sangat perlu diperhatikan keseimbangan kandunganya (protein, karbohidrat, vitamin dan mineral). Kebiasaan kita orang Indonesia adalah kebanyakan karbohidrat atau istilahnya “yang penting kenyang”. Gizi seimbang harus tetap menjadi perioritas utama dalam membuat varisi resep makanan balita. Menu variatif memang baik, terutama untuk menghindari kebosanan.

Demikian posting singkat ini, mudah-mudahan dengan membacanya anda lebih mudah, terutama dalam cara membuat jadwal makan anak bayi umur 1 - 3 tahun. Pada usia 3 tahun keatas samakan saja jadwal makan anak dengan jadwal keluarga atau ikuti pola sebelumnya, semoga bermanfaat.

Labels:

ditulis pada oleh

Beri komentar Catatan BaNak: Jadwal porsi dan cara memberi makan anak


komentar Catatan BaNak: Jadwal porsi dan cara memberi makan anak