Anak umur1tahun, kalau sudah tumbuh gigi maka banyak menu yang bisa diberi. Namun perlu diperhatikan bahwa makanan untuk bayi umur 12 hingga 24 bulan sifatnya hanya sebagai pendamping ASI. Umumya pada usia 1 tahun si kecil sudah memiliki beberapa buah gigi, sehingga mereka telah cukup mampu memotong-motong makanan dalam mulut. Selain sebagai pendamping ASI, bisa juga untuk melatih kemampuan anak agar terbiasa dengan menu makan keluarga.

Anak umur 1 tahun boleh makan apa saja?

Oleh karena itu, anak umur setahu sebaiknya diberi makanan berupa nasi keluarga ditambah lauk dan sayuran. Ada baiknya tekstur nasi keluarga disesuaikan dengan kemampuan menelan anak. Sayuran yang cocok diantaranya; bayam, wortel, jipang, brokoli, kol bunga, buncis dan sayur lain yang seratnya mudah dilunakkan. Jenis lauk untuk anak diantaranya; ikan laut maupun tawar, tahu, telur, daging giling (sapi/ ayam).
sayuran cocok untuk anak setahun

Sayura sejenis sawi hijau kurang tepat dijadikan menu makanan anak 1 tahun, karena seratnya cenderung kasar dan sulit dilunakkan, sehingga si kecil juga cenderung kesulitan untuk menelannya. Perlu kita ketahui bahwa gigi mereka baru gigi seri dan taring, fungsinya hanyalah untuk menggigit, megoyak dan memotong, bukan untuk menghaluskan.

Anak setahun biasanya menelan makanan tanpa dikunyah, hal ini karena mereka belum memiliki kemampuan mengunyah. Jika kita memberi sayur terlalu besar, berserat panjang, atau kasar biasanya akan dibuangnya (dimuntahkan dari mulut). Begitu juga dengan daging sapi atau ayam.

Jika kita ingin menjadikan daging sapi dan ayam sebagai menu makan si kecil sebaiknya gunakan daging giling. Berbeda dengan daging ikan laut maupun air tawar, secara umum teksturnya lembut dengan serat pendek sehingga mudah ditelan anak 1 tahun. Dalam batasan seperti ini, kita orang tua harus bijak dan kreatif dalam menyusun variasi menu makanan anak.

Variasi menu makanan bayi sangat penting diperhatikan, bukan hanya untuk menghindari kebosanan tapi juga dapat digunakan untuk mengetahui jenis makanan kesukaan anak. Suatu saat di masa yang akan datang, menu favorit ini akan sangat bermanfaat terutama untuk mengatasi anak malas makan. Okelah di umur sekarang kita belum menemui kesulitan memberi mereka makan, tapi coba nanti ketika usianya sudah 2 tahun lebih dan sudah mengenal berbagai jajanan, kita pasti akan berhadapan dengan “susahnya memberi makan anak”.

Kesimpulannya: anak 1 tahun boleh makan apa saja asal sehat, sifatnya hanya mendampingi ASI. Latih mereka terbiasa dengan menu makan keluarga, pilihkan mereka sayuran dan lauk bertekstur mudah ditelan, karena mereka belum punya gigi graham. Atur variasi jenis sayuran, buah dan sumber protein sedemikian rupa untuk mengetahui perilaku dan selera makan si kecil. 

Semoga bermanfaat…

Labels:

ditulis pada oleh

Beri komentar Catatan BaNak: Apa saja yang boleh dimakan anak 1 tahun?


komentar Catatan BaNak: Apa saja yang boleh dimakan anak 1 tahun?